Rabu, 16 Juni 2010

CAR FREE DAY IN SOLO

Uji coba Car Free Day lilaksanakan diJalan Slamet Riyadi dan Diponegoro, Solo, Jawa Tengah, yang merupakan jalan utama ditengah kota yang biasanya padat dengan berbagai kendaraan bermotor, Hari minggu pagi tidak satupun kendaraan bermotor yang melewatinya.Yang ada hanya warga masyarakat yang melakukan activitas olah raga, jogging, bersepeda santai, senam aerobic dan olahraga ringan lainnya di kawasan jalur utama Kota Solo ini.



Uji coba pemberlakuan car free day atau hari bebas kendaraan bermotor oleh Pemkot Solo.Uji coba pemberlakuannya baru bisa dilaksanaannya karena Seperti biasanya suatu perubahan dari kebiasaan yang sudah berlaku tentu menimbulkan pro dan kontra atau perlu penyesuaian dengan keadaan. Seperti Car Free Day ini dari masyarakat awam yang sangat membutuhkan tempat2 untuk kegiatan olahraga pagi, masyarakat yang peduli kesehatan lingkungan sangat mendukung kegiatan bebas berkenndaraan bermotor ini.



Senam aerobic sa'at CFD di Solo

Disamping mengurangi polusi udara, bisa menjadikan tempat untuk olahraga , dan tempat untuk refreshing, melengkapi prasarana sebelumnya yang sudah dibangun pemkot Solo yaitu City walk .Uji coba Car Free Day ini akan menambah daya tarik kota Solo. Sebaliknya dari kalangan lain, ada yang menganggapnya hanya akan menghambat kegiatan bisniz, karena tertutupnya jalan sehingga akan menurunkan pendapatan. Jika warga merespon terhadap uji coba ini positif, Pemkot Solo segera akan memberlakukan jalur-jalur tertentu yang akan dijadikan jalur bebas kendaraan bermotor pada hari-hari yang telah ditentukan.


Kegiatan sa'at berlangsungnya CFD di Ibukota

Selain mengurangi polusi, pemberlakuan car free day juga diharapkan bisa muncul, kreativitas, dan inovasi masyarakat dibidang olah raga, seni, budaya. Seperti munculnya komunitas2 sepeda ontel. Yang memanfaatkan sepeda dalam aktivitas sehari-hari. Disamping untuk transportasi yang ramah lingkungan,juga merupakan sarana olah raga yang murah meriah.
Dikota2 lain yang telah lebih dahulu mengujicobakan car free day ternyata respon masyarakat sangat positif dan anthusias sekali

Uji coba dibeberapa daerah.
(Sumber dari beberapa media)
Jakarta - Sambutan luas atas Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) membuat Pemprov DKI berniat untuk menambah frekuensinya dari sebulan sekali menjadi dua kali.
Surabaya - Satu hari tanpa kendaraan bermotor atau yang lebih dikenal dengan carfree day pun
diberlakukan oleh pemerintah Kota Surabaya mulai pertengahan tahun 2009. Meski hanya di sepanjang kawasan Jalan Darmo dan Kertajaya, respon warga kota Surabaya terhadap program ini ternyata cukup bagus. Terbukti, setiap hari Minggu, tak sedikit warga Surabaya yang berbondong-bondong memanfaatkan sepanjang Jalan Darmo untuk berolahraga atau sekedar bersantai sambil menikmati udara Suarabaya yang bebas dari polusi.
Bandung - Hari bebas kendaraan atau Car Free Day yang digagas Kepolisian Wilayah Kota Besar Bandung untuk mengurangi polusi udara akibat asap kendaraan bermotor. Gagasan tersebut mendapat respons positif warga Kota Kembang. Mereka benar-benar memanfaatkan kesempatan yang selama ini belum pernah didapatkan.


<



Bersepeda, sehat, murah, tidak menimbukan polusi

Car Free Day Turunkan Pencemaran Udara

Telah Diuji Tim BPLH Kota Bandung
Program car free day di kawasan Dago membuahkan hasil yang bagus. Berdasarkan hasil pengukuran kualitas udara yang dilakukan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bandung, beberapa parameter pencemar menunjukkan terjadinya penurunan pencemaran udara.

Semua kota merespon positif Sudah saatnya kita mulai memperhatikan kesehatan lingkungan dengan mengurangi / menurunkan penyebab pencemaran lingkungan dan mulai dengan kebiasaan hidup sehat dengan lingkungan yang sehat












Tidak ada komentar: