Rabu, 19 Mei 2010

BUS RAPID TRANSIT SEGERA MASUK KE SOLO



BRT atau kepanjangannya Bus Rapid Transit atau disingkat BRT adalah sebuah bus yang cepat, nyaman, aman dan tepat waktu baik dari infrastruktur, kendaraan dan jadwal. Nantinya diSolo namanya akan berganti "Batik Solo Trans". Bus yang memberikan services lebih baik dibandingkan bis biasa. Di manca Negara Amerika, di Eropa dan negara lain dinamai busway seperti yang dioperasikan juga di Jakarta , tetapi mereka memiliki jalur sendiri.
Batik Solo Trans

Pengoperasian bus rapid transit (BRT) akan menerapkan konsep bus priority atau bebas hambatan. Meski tidak memiliki jalur tersendiri, BRT akan diberi prioritas ketika melintas di jalur yg ada traffic lightnya. Rencananya, awal Juli nanti BRT sudah bisa dioperasikan untuk tahap uji coba. Jadi memang konsepnya adalah mengutamakan kendaraan angkutan umum daripada kendaraan pribadi . Sebelum benar-benar beroperasi, BRT akan melalui tahapan uji coba. Setelah itu, operasionalnya akan didasarkan pada standar pelayanan minimal yaitu beroperasi mulai pukul 06.00-18.00 WIB.Uji coba BRT akan dilakukan di koridor 1 yaitu Terminal Kartasura sampai Palur. Tahap uji coba tidak akan lebih dari satu pekan setelah itu dilakukan evaluasi termasuk pengembangan ke koridor lainnya. Rencananya akan ada lima koridor untuk BRT.
Selain itu, bus hanya berhenti di halte yang telah ditetapkan yaitu 35 halte dan jeda antara bus yang satu dan yang lainnya hanya 7-10 menit. “Itu standar pelayanan minimalnya. Jadi kalau ada kemacetan, diterapkan bus priority.
Menjelang pengoperasian BST, sebagai masyarakat kita berharap agar pengoperasiannya akan merupakan alternative pilihan sarana angkutan di Solo ini. Salah satunya harapan adalah BST bisa menjadi pilihan untuk angkutan umum yang memiliki , kemudahan akses, kenyamanan, dan ketepatan waktu dan keamanan. Kemudahan untuk dapat menggunakan sarana angkutan ini yaitu tempat pemberhentian ditempat 2 yang strategis , kenyamanan pembawa bus , pengemudi2 disiplin dan tanggung jawab ,dan tertib dijalan sehingga penumpang nyaman, bebas pengamen dan pedagang asongan Mengingat penumpangnya adalah umum dari perbagai kalangan ada pelajar, mahasisiwa , karyawan , dan mungkin wisatawan yang akir2 ini banyak promosi untuk wisatawan2 yang berkunjung ke Solo. Bagi kalangan pelajar / mahasiswa maupun karyawan ketepatan waktu adalah penting sehingga mereka dapat mengatur jam2 kegiatannya sehubungan dengan transportasi . Mengenai persaingan dengan transportasi yang sudah ada tidak perlu terjadi karena semua ada bagian2nya sendiri, dengan banyaknya pilihan mestinya dapat menjadikan pemicu untuk ber lomba-lomba memberikan service yang lebih baik agar dapat menjadi pilihan pelanggannya, kalau tidak tentu akan terseleksi sendiri oleh alam, keadaan.

Busway Jakarta mempunyai jalur sendiri

Saat ini masyarakat tentu akan memilih mana yang sesuai dengan kebutuhannya, sarana yang nyaman,aman, dan tepat waktu akan menjadi pilihan. Sudah saatnya kita mulai belajar tertib baik dijalan2 difasilitas2 umum, maupun dimana saja ,apalagi tertib berlalulintas yang akan menjadi cermin bagi budaya suatu masyarakat. Lalu lintas nya tertib maka kita akan melihat bahwa masyarakatnya tentu tertib, ta’at peraturan. Masih banyak kebiasaan dari masyarakat kita yang entah itu disadari atupun tidak adanya penggunaan HP disaat berkendaraan naik motor / maupun mengemudikan di jalan umum sambil melakukan komunikasi dengan Hp nya , ini adalah sangat berbahaya bagi keselamatan dirinya maupun pengguna lalu lintas lain. Konsentrasi tidak akan 100 % ke jalanan sudah banyak peringatan dipasang untuk tidak menggunakan hp disaat mengemudi . Sepenting apapun alangkah baiknya kalau menerima telepon hp minggir duluan sehingga tidak membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Kota Solo telah mempersiapk an / membenahi semua fasilitas untuk lalu lintas baik lampu2 lalulintas rambu-rambu peringatan, bahkan kamera-kamera CCTV dibeberapa tempat yang rawan macet dan tempat strategis sehingga dapat memantau keadaan lalulintas ditempat tersebut. Masyarakat dapat mengakses langsung dari situs Solo City View sehingga dapat mengantisipasi apabila terjadi kemacetan2 sehingga dapat menghindarinya dan mencari jalur alternative. Bahkan lokasi2 umum sudah banyak yang dilengkapi dengan titik hot spot yang dapat digunakan oleh masyarakat umum.
Semua sarana dan prasarana ini adalah untuk umum untuk kepentingan masyarakat semua alangkah baiknya apabila semua warga ikut memeliharanya dan menjaganya , sehingga Sala akan lebih maju lagi dengan berbagai fasilitas umum yang lebih baik

(dariberbagai sumber)

Tidak ada komentar: