Senin, 22 Maret 2010

CARA AMAN DAN MUDAH


CARA AMAN DAN MUDAH AGAR CHANEL TV FAVORIT TIDAK HILANG DISAPU ANGIN.
Menikmati siaran tv dunia yang paling mudah adalah dengan parabola yang dilengkapi penggerak yaitu positioner dan actuator, sehingga kita dengan mudah dan leluasanya putar-putar dari barat ketimur dan sebaliknya. Memang sangat menyenangkan. Tetapi apabila musim hujan tiba, biasanya dalam masa pancaroba angin yang tadinya sepoi-sepoi dan langit yang membiru akan berubah menjadi badai dan hujan lebat.



Sementara parabola yang sudah rapuh dimakan oleh karat segera menjadi sesuatu yang menjengkelkan dan menyedihkan, karena pointing dari parabola akan berubah / bergeser karena ditiup angin kencang atau badai bahkan mungkin menjadi penyok alias tidak bulat lingkaran lagi , dan akibatnya focus parabola berubah sehingga pantulan signal tidak tepat di feed horn / lnb. maka siaran tv akan menghilang.





Gbr. 1
Parabola kelihatan penyok karena dirterjang angin dan hujan sehingga focus berubah, untuk dapat sinyal yang maximum perlu digeser beberapa point dari lokasi semula untuk menemukan focusnya sehingga signalnya bisa maximum.






Kelihatan digambar LNB ditutup dengan plastik bekas minuman mineral, dengan maksud agar terlindungi dari hujan sehingga conector tidak kemasukan air yang dapat membuat short atau konsleting sehingga merusak LNB. Cara mudah dan murah meriah untuk amateur penggemar parabola.
Cara yang paling mudah dan aman agar tetap dapat menikmati chanel favorit kita adalah dengan membuat parabola fixed atau tetap mengarah pada satu satelit terus dibuat fixed dengan dibaut sehingga parabola tidak akan bergeser atau berubah arah apabila diterjang badai. Dengan fixed antena parabola yang tidak bisa bergerak tetapi cukup kuat menerima terpaan angin memang cukup stabil apabila diterpa angin namun tidak bisa beralih ke satelit lainnya. Walau demikian masih ada cara lain bagi para penggemar parabola yang tidak mau repot-repot setiap kali antena parabola berubah harus mensetting ulang. Dengan menambah lnb atau feed horn jangkauan satelit bisa ditambah lagi, dengan menambah atau mengganti lnb yang double atau bahkan yang tiga buah. Tetapi hal ini tidak semudah yang kita bayangkan. Pada saat memasangnya memang harus punya sedikit pengetahuan dan kesabaran dalam hal memasang / mensettingnya agar keduanya berfungsi dengan baik. LNB atau lengkapnya LNBF yaitu Low Noise Block Feedhorn (LNBF) yang fungsinya sebagai transverter dari input 3,4 - 4,2 GHz menjadi output 0,95 - 1,75 GHz dengan bantuan local oscilator (LO) 5,15 GHz. banyak orang menyebutnya sebagai Feed Horn atau LNB yang membuat signal satelit dapat diterima oleh Digital Satelit Reciever dan selanjutnya bisa kita lihat dimonitor tv.
Namun apabila sudah terpasang dengan baik akan sangat menyenangkan karena kita dapat pantau 2 satelit tanpa harus putar-putar parabola. Ada penggemar parabola yang suka kutak- kutik perangkatnya agar dapat menerima banyak satelit dan chanel2 tv. Karena memang tidak semua arah pancaran signal dari satelit diarahkan ke Asia dimana indonesia berada, atau karena arah posisi dari Geo stationer satelit yang sulit dijangkau dengan Parabola



Pola pancaran dari signal satelit Thaicom 5
Gmb darl Lyngsat map.
Dengan menggunakan positioner dan actuator parabola akan mudah diputar kemanapun arahnya.Tetapi apabila ada badai atau angin yang kencang dan hujan lebat maka akan mudah juga berubah setingannya, jika berubah settingannya maka channel dan arah dari parabola yang sudah diprogram akan berubah, mungkin karena motor penggerak parabola yang ada masalah untuk bergerak sesuai dengan program yang sudah ditentukan, ini dimungkinkan karena adanya baud-baud yang sudah mulai kendor ataupun lacker/ bearing yang mulai aus dan karatan maka yang terjadi adalah positioner/actuator akan error, selanjutnya adalah kita harus naik turun atap untuk mensetting ulang dan efek sampingannya adalah atap bocor. Kita harus setting ulang dari awal satu demi satu satelit sesuai dengan posisinya, dan apabila sudah selesai kita akan mencobanya disinilah sa'at yang menyenangkan apabila satu demi satu satelit bisa kita ketemukan lagi dan channel-chanel dapat kita temukan lagi maka rasa capai dan lelah bahkan bocornya atap tidakmasalah dan semuanya terobati , inilah salah satu sisi yang menyenangkan apabila kita punya hoby sesuatu yang kita senangi.




Bila anda belum menemukan pekerjaan yang sesuai dengan bakat anda, bakatilah apapun pekerjaan pekerjaan anda sekarang , anda akan tampil secemerlang yang berbakat.


dari kumpulan motivasi MARIO TEGUH







2 komentar:

yakobus mengatakan...

malm pak.selamat datang di dunia para blogger.selamat bersenang-senang.salam dari orang jogja.http://nadaswara.com
http://antasari.net
http://tvbola.us
http://koranlowongan.com
http://chantika.com

Julius Tridjaja mengatakan...

met malam juga, thank q